Autonomous Vehicle Bus Otomatis Pertama di Indonesia ada di BSD City, Masyarakat Umum Boleh Coba






Autonomous Vehicle Bus Otomatis Pertama di Indonesia


Saat pertama kali dengar tentang bus otomatis, di benak Pijar sudah ngebayangin kalau sosoknya bakal keren banget. Ternyata memang benar. Terbukti dengan si kece Navya Arma, Autonomous Vehicle Bus Otomatis pertama di Indonesia yang saat ini ada ada di The Breeze, BSD City, Tangerang. 


Kehadiran Kendaraan Listrik Otonom di kawasan BSD Green Office Park ini adalah salah satu wujud dari program Sinar Mas Land yang berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi dalam tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs). Sinar Mas Land terus berusaha mengembangkan kota pintar dengan memanfaatkan energi hijau yang lebih ramah lingkungan, Autonomous Vehicle ini adalah salah satu inovasi yang diusung untuk tujuan itu. 



Autonomous Vehicle Bus Otomatis Pertama di Indonesia




Beritanya nih, Guys! Inisiatif yang diambil Sinar Mas Land ini adalah kelanjutan dari kemitraan strategis antara Sinar Mas Land dan Mitsubishi Corporation, didukung pendanaan dari JICA, Mitsubishi Corporation bersama dengan MACNICA Inc.. Setelah sukses uji coba tahap pertama Navya Autonom® di QBig BSD City pada bulan Mei hingga Juli lalu, selanjutnya uji coba dilanjutkan di kawasan BSD Green Office Park (GOP) pada 27 Agustus hingga 5 Januari 2023. 

 

 

Yuk Kenalan dengan Autonomous Vehicle pertama di Indonesia 



Autonomous Vehicle Bus Otomatis Pertama di Indonesia


Tak kenal maka harus kenalan! Saat ini Autonomous Vehicle bus otomatis pertama di Indonesia ada di The Breeze, BSD City, Tangerang. Terus, apa aja sih keistimewaan kendaraan otomatis ini? Yuk kita intip fitur-fiturnya! 




Layar Penunjuk di dalam Autonomous Vehicle Bus Otomatis Pertama di Indonesia+


Navya Autonom® Shuttle memiliki penggerak listrik dan battery pack berkapasitas 33 kWh yang dapat bertahan selama 9 jam. Bus ini, Friends, bisa menampung sampai 15 penumpang, dengan pembagian 11 orang yang duduk dan 4 orang berdiri. Pasti asik kalau kita naiknya sama keluarga, bisa ngerasain jalan-jalan bareng. Di dalam bus juga tersedia layar informasi tentang rute bus dan juga pemberhentiannya.


Nah, untuk mendukung kinerja, Navya Autonom® Shuttle ini dilengkapi dengan berbagai macam sensor, mulai dari pemanfaatan GNSS (Global Navigation Satellite Systems), dan sensor LIDAR (Light Radar) yang digabungkan dengan kamera resolusi tinggi untuk big data analysis, yang kemudian akan diproses oleh komputer yang memiliki spesifikasi tinggi tertanam di dalam mobil. Doi juga bisa mendeteksi, melacak dan mengklasifikasi halangan di sekitar secara real time/waktu sebenarnya untuk menentukan lintasan dan profil kecepatan yang optimal, termasuk kemampuan akselerasi, kemudi, dan pengereman secara otomatis. Jadi, sudah dipastikan aman untuk dikendarai. 



Infromasi Rute Pemberhentian Autonomous Vehicle Bus Otomatis Pertama di Indonesia



 

Kenapa Sih Harus Ada Utonomous Vehicle di Indonesia? 



Terobosan yang sangat istemewa adanya Autonomous Vehicle di Indonesia, karena selain kendaraan ini menggunakan sumber daya listrik, emisi karbon diokasida yang dihasilkan juga lebih sedikit dibandingkan dengan mobil konvensional yang menggunakan bahan bakar minyak sebagai bahan penggeraknya. 


Nah, kalau kita saat ini semakin melek terhadap kelestarian lingkungan, maka sudah seharusnya kita dukung adanya kendaraan otomatis ini. Siapa sih yang enggak mau alam ini kembali lestari? 



Autonomous Vehicle Bus Otomatis Pertama di Indonesia


Chief Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land, Irawan Harahap mengatakan, “Perkembangan ekosistem kendaraan listrik tanpa awak ini memperkuat semangat untuk mewujudkan komitmen Sinar Mas Land dalam menjawab solusi akan kendaraan yang rendah emisi karbon serta mendorong kehidupan yang berkelanjutan. Kami menyaksikan inovasi AV ini hadir dengan memiliki fitur yang smart technology, selain itu transportasi cerdas ini juga menjadi alternatif moda transportasi baru untuk melayani mobilitas masyarakat. Kecanggihan fitur yang dimiliki AV ini juga merefleksikan gaya hidup yang akan kami hadirkan di BSD City dalam transformasi kota mandiri sebagai smart integrated digital city, khususnya di ekosistem Digital Hub yang sarat dengan kegiatan teknologi digital.” 

 



Masyarakat Umum Bisa Mencoba Fasilitas ini, Begini Caranya 


Oke Sobat Pijar, kalian tertarik mengendarai Bus Otomatis pertama di Indonesia ini? Tenang aja, Navya Autonom® Shuttle, bus otomatis ini bisa kamu kendarai di The Breeze, BSD City. Kita bisa mencobanya secara gratis hanya dengan memberikan pendapat atau ulasan mengenai AV (Autonomous Vehicle) ini melalui survei di aplikasi ONeSmile yang bisa diunduh di Apps Store atau pun Play Store. Gampang kan caranya!


Autonomous Vehicle Bus Otomatis Pertama di Indonesia



Kemudian, kita bisa mulai naik dari Lobby Utama The Breeze, BSD City. Autonomous Vehicle dapat dicoba sampai tanggal 21 Desember 2022, kemudian AV akan dipamerkan di area The Breeze mulai tanggal 22 Desember 2022 hingga 4 Januari 2023. AV beroperasi setiap hari Selasa-Minggu pukul 10.00 hingga 17.00 WIB. Selain mengisi survei sebelum dan sesudah mengendarai AV, kita wajib mendaftar terlebih dulu jika ingin menaiki AV. Agar tidak terjadi tumpukan penumpang. 



Yuk, Sobat Pijar yang ada di daerah Tangerang dan sekitarnya, atau pun dari mana pun, kita cobain Auntonomus Vehicle, Bus Otomatis Pertama Indonesia yang ada di The Breeze, BSD City, Tangerang. Mari kita dukung gerakan inovatif yang berdampak lebih baik bagi lingkungan alam kita! Semakin Canggih Indonesia, Semakin Lestari Indonesia! 



Autonomous Vehicle Bus Otomatis Pertama di Indonesia









Post a Comment

Gimana pendapat kamu? Yuk sampaikan di kolom komentar!