Semangat Lestari di Kampung Berseri Astra Karang Joang, Balikpapan

Siang itu aku dan adikku berkunjung ke salah satu destinasi wisata di Kota Balikpapan. Kampung Berseri Astra (KBA) Karang Joang tepatnya. Lokasi KBA ini berada di Kilometer 15, Jalan Girirejo Kelurahan Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan. Tidak terpaut jauh jaraknya dari lokasi rumah kami. Namun, baru hari itu kami bisa berkunjung karena sela waktu liburan.


Kami pergi ke KBA Karang Joang dengan mengendarai sepeda motor. Selain sepeda motor, tranportasi yang bisa digunakan untuk sampai di KBA Karang Joang adalah menggunakan sepeda, mobil, angkutan umum, ojek, transportasi online atau nebeng teman :D.


Yuk Lebih Tahu Tentang Kampung Berseri Astra Karang Joang, Balikpapan!


Usut punya usut, KBA Karang Joang merupakan salah satu dari ratusan Kampung Berseri Astra yang telah tersebar di Indonesia. Apa sih Kampung Berseri Astra itu sebenarnya?

Kampung Berseri Astra adalah program PT Astra International untuk mengembangkan suatu lingkungan kampung dengan mengedepankan empat pilar kontribusi sosial berkelanjutan yaitu Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, dan Kewirausahaan.


Sekitar 2.500 jiwa menghuni wilayah  KBA Karang Joang dengan luas sekitar 10 hektar. Beberapa program unggulan yang dijalankan di KBA Karang Joang adalah:

  • Peningkatan kualitas pendidikan, melalui program unggulan Rumah Pintar Astra (RPA) dan Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK).
  • Peningkatan kualitas kesehatan, melalui program unggulan Posyandu dan Pelayanan Kesehatan Keluarga (PKK).
  • Peningkatan kualitas lingkungan, melalui program unggulan Bank Sampah dan Taman Tematik.
  • Peningkatan kualitas ekonomi, melalui program unggulan Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

Semua program itu diselenggaran dalam berbagai kegiatan yang mencangkupnya. Seperti didirikan taman baca, posyandu, senam rutin, pengecekan kesehatan lansia, pembagian bibit tanaman, kewirausahaan, dan lain sebagainya.




Penjaga Kelestarian Lingkungan Waduk Manggar


Kampung Berseri Astra Karang Joang berdempetan dengan hutan lindung. Sehingga, warga yang tinggal di sana berkomitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan.


Seperti yang dikutip dari salah satu wawancara dengan Pak Santoso, warga sekaligus pengurus dari KBA Karang Joang.

"Daerah kami memang berdempetan dengan hutan lindung. Itu sebabnya, warga di sini sudah berkomitmen untuk menjaga dan merawat lingkungan agar tidak rusak."


Lokasi KBA Karang Joang bersebelahan dengan Waduk Manggar yang kita tahu menjadi salah satu sumber air bersih untuk warga Kota Balikpapan. Oleh karena itu, kelestarian lingkungan sangat dijaga di KBA Karang Joang, demi menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan Waduk Manggar. Bahkan, mereka tidak sembarangan dalam berbisnis di area KBA Karang Joang, terlebih bisnis peternakan. Karena dikhawatirkan, limbah dari peternakan bisa mencemari waduk. 


Di kawasan ini juga gencar menanam pohon atau tanaman yang bisa membantu menahan sumber air waduk agar air tidak pernah habis atau selalu tersedia di saat musim kemarau. Salah satu tanaman yang ditanam adalah pohon bambu.


Pengalaman Menyenangkan Mengunjungi KBA Karang Joang


Saat kami ke sana, memang sungguh indah pandangan yang ada di kawasan KBA Karang Joang, Balikpapan. Siang itu agak terik, namun udara segar dan bersih karena banyak pohon dan tanaman disekitar area KBA Karang Joang. 

Sebelum mengunjungi lokasi, kami sempat mencari informasi terlebih dulu tentang KBA Karang Joang melalui akun media sosialnya di Instagram. Kami mendapat informasi tentang lokasi-lokasi yang ada di sana. Lokasi-likasi itu diantaranya adalah Rumah Pintar, Kebun Buah Naga, Posyandu, UMKM Majun, Jembatan Panjang, Waduk Manggar, dan lainnya. 


Setelah mengetahui lokasi apa saja yang ada di kawasan Kampung Berseri Astra Karang Joang, barulah  kami menentukan akan ke mana saja kami hari ini. Berhubung kami berkunjung  untuk berwisata, kami hanya menikmati pemandangan sekitar dengan memanfaatkan fasilitas yang  ada. 

Kami pergi ke Jembatan Panjang untuk menikmati pemandangan dan tak lupa berswafoto mengabadikan kegiatan kami. Karena di rumah ada kolam ikan air tawar, dengan bantuan anak-anak yang sedang berenang di sekitaran jembatan, aku minta tolong untuk mengambilakn beberapa apu-apu yang  ada di sana untuk kami bawa kolam dan ditearuh di kolam sendiri. Tak bayak yang kami ambil, hanya tiga bonggol atau sekitar plastik kecil. 

Di kawasan Jembatan panjang ini juga terlihat banyak orang-orang yang sedang memancing. Seperti yang kami tahu dari aku KBA Karang Joang, banyak sekali jenis ikan air tawar yang ada di Waduk Manggar, dan bisa dipancing atau dimanfaatkan warga sekitar.


Kami juga penasaran dengan sosok Belimbing Madu yang jadi salah satu produk andalan KBA Karang Joang. Belimbing Madu yang sengaja di tanaman di kawasan ini untuk mengembangkan sektor perkebunan yang juga bisa dimanfaatkan warga sebagai sumber pendapatan.



Terkesan dengan Lingkungan Kampung Berseri Astra Karang Joang


Kami tidak mengangka sebelumnya, jika ternyata program Kampung Berseri Astra yang  di kembangkan PT Astra International di Karang Joang ini berdampak sangat baik bagi Kota Balikpapan. Lokasinya bisa dikunjungi sebagai tempat berwisata edukasi mengenalkan bagaimana caranya menjaga lingkungan tetap bersih, alami, bermanfaat, namun juga tetap memerhatikan kelestariannya.


Tentu saja kembali kepada pribadi kita, bahwa segala bentuk upaya untuk melestarikan lingkungan tidak akan bisa terwujud jika masih  banyak orang yang acuh tak acuh dengaan kelestarian yang ada di lingkungannya.

PT Astra International bisa dibilang  sukses dengan programnya mengembangkan Kampung berseri Astra Karang Joang. Semoga makin banyak daerah-daerah lain yang memiliki komitmen untuk melestarikan lingkungan seperti yang ada di Kampung Berseri Astra Karang Joang.





Post a Comment

Gimana pendapat kamu? Yuk sampaikan di kolom komentar!