Berantas Buta Al Quran: YMSML Mengadakan Lomba Baca Al Quran 2023 di Balikpapan

Hari Sabtu kemarin, tepatnya tanggal 28 Oktober 2023, aku berkesempatan hadir lagi dalam puncak acara Berantas Buta Al Quran yang diadakan oleh Yayasan Muslim Sinar Mas Land (YMSML) dan diselenggarakan di Masjid Madinatul Iman, Islamic Center Balikpapan. Acara Lomba Baca Al Quran yang diadakan YMSML ini adalah yang kedua kalinya diselenggarakan di Kota Balikpapan setelah tahun sebelumnya di 2022 sukses di selenggarakan di tempat yang sama. 




Program Berantas Buta Al Quran 

Sinar Mas Land melalui Yayasan Muslim Sinar Mas Land (YMSML) bersama dengan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Balikpapan dan Yayasan Mama Papa kembali menyelenggarakan lomba membaca Al Quran. Lomba Baca Al Quran ini sebagai salah satu kegiatan dalam program berantas buta Al Quran (BBQ) dan juga untuk memperingati hari santri yang jatuh pada bulan ini. 


Tahun 2023 ini merupakan tahun kelima YMSML menyelenggarakan BBQ yang telah diikuti 3.704 murid TPA (Taman Pendidikan Al Quran) di sekitar kawasan Grand City Balikpapan, BSD City, Kota Wisata Cibubur, Legenda Wisata Cibubur, dan Grand Wisata Bekasi. Program ini dilakukan untuk menanamkan rasa cita sejak dini pada Al Quran. Karena, Al Quran merupakan pedoman hidup dan petunjuk bagi umat muslim dalam menjalani kehidupan. 





BBQ 2023 Balikpapan 


Berantas Buta Al Quran (BBQ) merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan di bidang keagamaan yang bertujuan untuk mengurangi jumlah buta aksara Al Quran di Indonesia. Program ini memberikan pelatihan atau training of trainers (ToT) pada ustaz dan guru mengaji selama tiga jam. Pelatihan tersebut dilakukan secara intensif. Sebanyak empat kali,  ratusan ustaz dan guru mengikuti pelatihan pada 10-11 Juli 2023 tentang cara cepat membaca Al Quran. Semuanya dibekali dengan buku panduan dan alat peraga agar mudah memahami metode yang digunakan. Kemudian, setelah pelatihan atau training of trainers selesai, selanjutnya ustaz dan guru mengajari anak didiknya dengan metode sistem Mama Papa. 


Ketua Yayasan Muslim Sinar Mas Land – Bambang Setiawan mengatakan, “Setelah sukses dengan program BBQ pada tahun 2022 lalu di Balikpapan, kami kembali melaksanakan kegiatan ini untuk mengakomodir antusiasme masyarakat terhadap lomba membaca Al-Quran dengan wilayah yang lebih luas lagi. Perluasan jangkauan program ini merupakan langkah signifikan yang dilakukan YMSML untuk mencapai lebih banyak Masyarakat, sejalan dengan komitmen kami untuk membantu mengurangi jumlah buta aksara Al-Quran di kalangan umat muslim Indonesia. Melalui program tersebut, kami juga ingin mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mendukung langkah positif ini dalam memperkuat nilai-nilai keagamaan sehingga diharapkan dapat menciptakan generasi muslim yang cerdas dan unggul.” 

 

Peserta BBQ Balikpapan 2023

 


Lomba membaca Al Quran ini diikuti oleh 310 peserta anak-anak yang dapat membaca AL Quran dengan metode Mama Papa yang di kembangkan oleh Ustaz Taslim. 310 peserta tersebut terdiri dari anak laki-laki dan perempuan berusia 6-15 tahun yang berasal dari 50 masjid di wilayah Balikpapan bagian Barat, Tengah, dan Timur. 


Perlombaan ini dibagi menjadi empat kategori yaitu: 


  • Kategori A untuk Tartil (usia 6-12 tahun) 

  • Kategori B untuk Tahfidz (usia 6-12 tahun) 

  • Kategori C untuk Tartil (usia 13-15 tahun) 

  • Kategori D untuk Tahfidz (usia 13-15 tahun) 


Dalam perlombaan ini disediakan hadiah dengan total 42 juta rupiah sebagai bentuk apresiasi kepada peserta yang mendapatkan juara dalam lomba ini. Para dewan juri yang kredibel menjadi penilai dan pemilih pemenang dalam perlombaan ini. Penilaiannya meliputi tajwid, kefasihan membaca, irama, adab dalam membaca Al Quran, hingga perilaku peserta pada saat mengikuti lomba. 

 

 

Suasana Lomba Baca Al Quran 

Lomba baca Al Quran, BBQ 2023 Balikpapan diselenggarakan sejak pagi di Masjid Madinatul Iman, Islamic Center Balikpapan. Setelah Zuhur, tibalah pengumuman pemenang dalam lomba baca Al Quran ini. Seluruh panitia, peserta, dan keluarga peserta merapat di ruang utama masjid.  

Enam pemenang dari mulai juara satu, dua, tiga, harapan satu, harapan dua, dan harapan tiga dari masing-masing kategori di panggil satu persatu untuk maju ke depan dan menerima hadiah dan plakat. Suasana tampak penuh suka cita. Terlebih, semuanya paham bahwa acara ini adalah sebagai bentuk apresiasi kepada anak-anak agar semakin mencintai membaca Al Quran. Panitia juga memberikan pemahaman, bahwa seluruh peserta merupakan pemenang di hadapan Allah, karena telah dengan sepenuh hati mengamalkan dan mencintai baca Al Quran baik mereka menjadi pemenang dalam lomba ini atau pun tidak. 




Pemenang Kategori A


Pemenang Kategori B

Pemenang Kategori C

Pemenang Kategori D


Ketua Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kota BalikpapanMuslikh Umar menyampaikan, “Kami sangat mengapresiasi langkah YMSML yang tahun ini kembali menyelenggarakan program BBQ 2023 di Balikpapan. Kegiatan ini bukan hanya sekedar tentang pendidikan, tetapi juga dapat mencetak generasi muda Islam yang berakhlak tinggi. Program BBQ dapat menjadi contoh nyata bagaimana sektor swasta berperan dalam membantu mengurangi jumlah umat muslim yang belum dapat membaca Al- Qur’an dan memotivasi para santri dan pengajar Al-Qur’an untuk  terus istiqomah dalam belajar dan mengajarkan Al Qur’an. Kami harap, program ini juga dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan lain sehingga bisa memberikan manfaat yang besar dalam menciptakan generasi islam yang kuat, berakhlak, dan berwawasan di masa depan.” 

 

Dalam sepak terjangnya Yayasan Muslim Sinar Mas Land (YMSML) merupakan wadah untuk berbagi kebaikan bagi karyawan muslim di lingkungan kerja Sinar Mas Land. YMSML terus melakukan serangkaian kegiatan untuk membangun ukhuwah di antaranya penyerahan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha, Berantas Buta Al Quran (BBQ), wakaf Al Quran, pemeriksaan dan gigi gratis kepada masyarakat hingga menyediakan sentra vaksin bagi lansia dan takmir masjid. 




Selebihnya, semoga kegiatan lomba baca Al Quran dalam Program Berantas Buta AL Quran ini bisa terus diselenggarakan dan menjadi acara tahunan. Sehingga semakin banyak anak-anak yang memahami dan mencintai Al Quran sejak dini. 

Post a Comment

Gimana pendapat kamu? Yuk sampaikan di kolom komentar!