Melirik Profesi Blogger






Keadaan lagi cerah disini. Alhamdulillah. Meskipun masih dalam suasana Work From Home dan Physical Distancing yang diberlakukan pemerintah demi mencegah penularan covid-19, aku berharap semoga kita tetap produktif.
Post kali ini giliran mengangkat tema profesi. Yip, aku akan membahas seputaran profesi Blogger.
Pada era media sosial seperti saat ini, tentu saja banyak pilihan bagi seluruh umat manusia untuk mengembangkan kreatifitasnya. Salah satunya menjadi seorang blogger.
Sebelum membahas tentang profesi blogger. Berikut ini penjelasan tentang apa itu blog.
Dulunya, blog dikenal dengan nama weblog.  Weblog atau blog adalah sebuah website atau jurnal online yang memuat beragam informasi. Mulai dari tema travelling, tutorial, kehidupan penulis dan lain sebagainya. Konten blog biasanya diperbarui secara berkala. Blog bisa dimiliki dan diatur oleh satu orang pengurus atau bisa dikelola oleh beberapa orang dalam sebuah kelompok.
Walaupun blog dan website berbeda, belakangan ini garis perbedaanya semakin kabur. Dan orang-orang bisa saja menyebut blog sebagai website dan sebaliknya.
Fungsi blog sendiri adalah sebuah wadah bagi pengurusnya untuk berbagi segala macam informasi mengenai bisnis, kehidupan pribadi dan lain sebagainya sebagai hobi semata atau untuk tujuan mendapatkan penghasilan dari blog.
Nah, selanjutnya orang-orang yang menulis di blog disebut blogger. Seiring dengan pesatnya perkembangan media sosial di dunia ini, blogger juga mulai merambah ke dunia video. Dan sebutannya menjadi vlogger (video blogger). Tapi kali ini pembahasan akan terpusat pada blogger web yakni yang khusus menulis di blog saja.
Kenapa profesi sebagai blogger ini patut di lirik? Sebenarnya selain karena tujuan untuk mendapatkan uang dan popularitas, orang-orang juga menulis blog dengan tujuan untuk berbagi ilmu pengetahuan kepada pembacanya.
Buktinya, sekarang ini, kita pasti masih sering menggunakan mesin pencari Google misalnya untuk mencari informasi yang kita perlukan. 
Nah, semua laman blog dan website yang sudah ada di internet tentu saja akan muncul dalam hasil pencarian itu. Banyangkan jika tak ada orang yang membagi ilmunya ke internet, tak ada yang menulis blog dan websitenya, pasti akan sangat sedikit ilmu yang bisa kita cari lewat internet.
Ternyata nih, media sosial seperti Instagram, Twitter, Tumblr, Facebook juga merupakan blog. Namun mereka disebut sebagai mikro-blog karena jumlah karakter pada teks yang diposting lebih sedikit dari pada weblog. Biasanya kurang dari 200 kata.







 Biasanya kurang dari 200 kata

Raditya Dika

Orang Indonesia yang sukses lewat blog
Suatu bidang jika ditekuni dengan sepenuh hati pasti membuahkan hasil. Walaupun hasilnya tidak selalu cepat.
Menjadi blogger memang memiliki tantangan tersendiri. Memiliki banyak resiko seperti halnya pekerjaan yang lain.
Nah, berikut ini beberapa orang Indonesia yang berhasil sukses lewat blog.
1. Raditya Dika (Raditya.com)
2. Katerina (Travelerien)
3. Dewa Eka Prayoga (Dewaweb.com)
4. Sugeng Riyadi (Sugeng.id)
5. Winda Krisnadefa (Emakgaol.com)
6. I Made Cock Wirawan (Blogdokter.net)
Daftar kecil tersebut aku ambil dari beberapa sumber yang kujelajahi. Tentu saja masih banyak lagi blogger Indonesia sukses.
Cara membuat blog
Berikutnya adalah cara membuat blog. Ini berdasarkan pengalaman aku sendiri. Sebagai blogger pemula, aku mulai dengan membuat laman blog gratisan. Bisa dibuat lewat platform Blogger.com atau Wordpress.com.
Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan semuanya bisa dipelajari.
Yang pertama harus disiapkan sebelum mendaftar adalah memiliki alamat email yang nantinya akan kita gunakan untuk log  in.
Setelah alamat email tersedia. Kemudian kita menuju ke laman Blogger atau Wordpress dan mulai memdaftar di sana. Pengisian form pendaftaran dan ikuti semua alurnya.
Dan jadi deh laman blog kita. Tinggal kita konsisten menulis dan mengisi blog kita dengan konten merarik dan juga bermanfaat.
Untuk mempercantik tampilan blog, kita bisa mengatur tema dan gaget blog sesuai keinginan kita.
Tips menjadi blogger sukses
"Sebenarnya ngeblog adalah sebuah hal yang mudah. Namun kebanyakan orang dibuat bingung oleh dirinya sendiri."
1. Punya tujuan.
Tujuan membuat blog harus jelas. Dengan tujuan yang jelas, penulis blog bisa lebih konsisten dalam membangun blognya.
2. Menentukan Topik
Pilihlah topik yang benar-benar diminati. Apabila topik blog tidak diminati penulisnya, kemungkinan blognya tidak akan bertahan lama.
3. Pilih Platform Blog
Bisa lewat Blogger.com atau Wordpress.com. Namun Sugeng.id merekomendasikan Blogger.com untuk blogger pemula.
4. Mulai Menulis
Menulis konten blog dengan konsisten.
5. Mempercantik Blog
6. Tetap fokus membuat konten berkualitas
Sampai kapanpun konten akan tetap menjadi faktor utama kesuksesan sebuah blog. Buatlah konten yang benar-benar berkualitas. Konten berkualitas biasanya yang dicari oleh pembaca, unik, berbeda, original, berguna dan bermanfaat

7. Belajar SEO
SEO atau Search Engine Optimization adalah usaha untuk mengoptimalkan blog pada mesin pencari. Agar pengunjung bisa dengan mudah menemukan blog kita dalam mesin telusur.
8. Blogwalking
Blogwalking atau berkunjung ke blog lain sambil meninggalkan komentar, masih menjadi cara efektif untuk menarik kunjungan ke laman kita.
Selain bermanfaat meningkatkan pengunjung blog kita, blogwalking juga bermanfaat untuk menjalin relasi dengan sesama blogger.
9. Memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan blog
10. Mengikuti forum blogger yang mampu menanbah wawasan
Nah, itu tadi saran untuk jadi blogger yang sukses.
Menurutku pribadi, hal yang tak kalah penting adalah ketekunan, kedisiplinan dalam menulis blog. Dan tentu saja harus bersabar.
Yipp, sampai disini ulasan pada bab tentang profesi ini. Semoga bermanfaat.
kunjungi akun wattpad pijarmentari_ ya.

Sumber :
https://www.hostinger.co.id/tutorial/apa-itu-blog/
https://www.domainesia.com/berita/sejarah-blog-dan-jenisnya/
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Mikroblog
https://airul.blog/100-juta-dari-adsense
https://www.google.com/amp/s/www.niagahoster.co.id/blog/kebiasaan-blogger-sukses/amp/
https://loop.co.id/articles/blogger-indonesia-paling-sukses/full
https://sugeng.id/cara-menjadi-blogger/

Post a Comment

Gimana pendapat kamu? Yuk sampaikan di kolom komentar!