Hari Jadi Kota Balikpapan ke-124: 5 Alasan Kamu Harus Berkunjung ke Kebun Raya Balikpapan

Hari Jadi Kota Balikpapan ke 124: 5 Alasan Kamu Harus Berkunjung ke Kebun Raya Balikpapan



Artikel kali ini saya dedikasikan untuk menyemarakkan Hari Jadi Kota Balikpapan ke-124 Tahun 2021. Pijar Mentari akan mengulas tentang salah satu objek wisata alam di tengah Kota Balikpapan yang paling asri dan menyenangkan untuk dikunjungi. Ya, tak lain adalah Kebun Raya Balikpapan.

Kebun Raya Balikpapan merupakan objek wisata alam yang terletak di kilometer 15 Kota Balikpapan, tepatnya di kelurahan Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara. Dari pusat kota Balikpapan, pengunjung bisa menggunakan angkutan umum dan berhenti di pertigaan kilometer 15 kemudian dilanjutkan dengan mengendarai ojek selama kurang lebih 3 kilometer. Jika ingin tambah menantang, bisa juga menuju Kebun Raya Balikpapan dengan berjalan kaki.

Jalan Menuju Kebun Raya Balikpapan

Gerbang Masuk Kebun Raya Balikpapan

Lokasi wisata alam Kebun Raya Balikpapan ini mudah untuk dijangkau. Pengunjung bisa dengan mudah menemukan petunjuk jalan di pertigaan jalan besar menuju ke lokasi. Bisa juga dengan memanfaatkan aplikasi peta di gawai masing-masing.

Saya sudah mengunjungi KRB berulang kali dan tidak pernah merasa bosan berkunjung lagi. Pertama berkunjung sekitar tahun 2016 ketika pembangunan kawasan Kebun Raya  Balikpapan belum sebanyak sekarang di tahun 2021.

Biasanya KRB banyak dikunjungi oleh warga Balikpapan hingga luar kota untuk dijadikan destinasi wisata alam yang menarik. Sering juga dijadikan sarana belajar bagi pelajar Balikpapan tentang tumbuhan yang ada di Balikpapan. Namun di musim pandemi covid-19 ini tentu saja jumlah pengunjung KRB sangat berkurang.

Sebelumnya pemerintah kota mengeluarkan aturan untuk menutup semua tempat wisata demi mencegah penyebaran virus covid-19. Saat keadaan dirasa sudah cukup kondusif, tempat-tempat wisata kembali di buka dengan menjalankan protokol kesehatan dengan ketat. Tak terkecuali yang dilakukan ketika memasuki kawasan Kebun Raya Balikpapan.

Masih seperti dulu, masuk ke kawasan Kebun Raya Balikpapan tidak dipungut biaya. Setelah melewati gapura depan yang menghadirkan patung burung enggang dan tanaman kantong semar yang sangat khas, Saya bersama adik saya, Na, berhenti di pos sekuriti untuk mengisi daftar hadir. Di sini bukan kami sendiri yang menuliskan identitas di buku hadir, melainkan petugas.

Setelah itu kami wajib lolos pengecekan suhu tubuh yang dilakukan oleh petugas penjaga. Kami juga wajib mengenakan masker dengan baik dan benar. Kemudian, tak kalah penting, sebelum memasuki kawasan Kebun Raya Balikpapan, Kami harus mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir di tempat yang sudah disediakan di dekat pos sekuriti. Barulah setelah itu kami bisa masuk ke area Kebun Raya Balikpapan dan memarkir motor di area parkiran khusus.

Kawasan Kebun Raya Balikpapan

Kawasan Kebun Raya Balikpapan

Sebagai pengamat, Saya pribadi merasa bangga dan mendukung Pemerintah Balikpapan dengan dinas terkait beserta pengembangan Ekonomi Kreatif (Ekraf Balikpapan) di bidang pariwisata khususnya Kebun Raya Balikpapan. Karena menurut saya, salah satu cara melindungi kekayaan hayati yang ada di kota, di negeri bahkan di dunia ini adalah dengan melestarikannya. Sekaligus menjaganya dalam wujud tempat konservasi.

Di Hari Jadi Kota Balikpapan ke-124 Tahun 2021 ini saya ingin menyampaikan banyak terima kasih kepada pemerintah kota dan juga warga Balikpapan yang sudah bersatu menjadikan Kota tercinta ini menjadi kota yang bersih, indah, aman, dan nyaman untuk dihuni. Juga sebagai perwujudan Balikpapan Berkelanjutan. Karena itu, mari kita lanjutkan semangat kebersamaan kita untuk menjadikan Kota Balikpapan sebagai Kota terbaik!

Kembali lagi ke cerita tentang Kebun Raya Balikpapan. Ini 5 alasan kenapa kamu wajib berkunjung ke Kebun Raya Balikpapan.


1.       Menambah Wawasan

Ketika kamu berkunjung ke Kebun Raya Balikpapan, wawasan kamu tentang alam sudah pasti akan meningkant. Setiap tanaman yang ada di Kebun Raya Balikpapan dilengkapi dengan papan informasi tanaman yang disertai dengan kode QR. Kamu bisa mencari detail lengkap tanaman tersebut dengan cara memindai kode QR yang ada di papan informasi.

Papan Informasi Tanaman Kebun Raya Balikpapan



2.       Membantu Melestarikan Alam

Salah satu cara melestarikan alam adalah menjadikan suatu wilayah sebagai wilayah konservasi atau daerah yang dilindungi. Jadi segala bentuk perusakan terhadap lingkungan hutan dan yang ada di dalamnya akan dikenai sanksi. Adanya Kebun Raya Balikpapan sudah pasti menjadi salah satu cara pemerintah untuk melestarikan lingkungan alam di Balikpapan.

Banyak sekali flora dan fauna endemik yang bisa kita temui di KRB.

 

3.       Lokasi dan Biaya Terjangkau

Kebun Raya Balikpapan terletak di kilometer 15, Kelurahan Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara. Lokasinya bisa dijangkau dengan angkutan umum, motor, atau mobil pribadi.

Tidak dikenakan biaya ketika memasuki kawasan Kebun Raya Balikpapan. Kamu juga bisa membawa bekal makanan dari rumah yang bisa dinikmati di area Kebun Raya Balikpapan.

Namun, tetap harua menjaga kebersihan ya. Buanglah sampah pada tempat yang sudah disediakan.

 

4.       Sarana Rekreasi dan Olah Raga

Memasuki kawasan Kebun Raya Balikpapan kita akan disuguhi pemandangan hijau yang menyegarkan.

Bangunan dan penataan taman yang bagus membuat kita tidak akan bosan ketika berkunjung di dalamnya. Terlebih lagi, saat ini sudah banyak area bermain anak-anak. Sehingga, Kebun Raya Balikpapan sangat cocok jadi tempat rekreasi bersama keluarga.

Memasuki kawasan KRB kita memarkir kendaraan kita di parkiran khusus. Hal ini tentu saja menjadi manfaat bagi kita untuk berolah raga. Kita bisa berkeliling dari satu lokasi ke lokasi lain di KRB dengan berjalan kaki.

Tempat Bermain Anak di Kebun Raya Balikpapan



5.       Banyak Spot Foto Menarik

Kebun Raya Balikpapan terus berbenah untuk menyuguhkan sebuah kawasan yang menyenangkan dan indah untuk dikunjungi. 

KRB juga tidak mau ketinggalan menyajikan spot-spot foto menarik di berbagai sudut lokasinya. Spot foto ini tentu saja menjadi ciri khas khusus Kebun Raya Balikpapan.


Spot Foto Menarik di Kebun Raya Balikpapan

Spot Foto Menarik di Kebun Raya Balikpapan

Spot Foto Menarik di Kebun Raya Balikpapan

Nah, itu tadi ulasan Pijar Mentari tentang Kebun Raya Balikpapan. Untuk informasi lebih lanjut tentang berita terkini jadwal buka dan tutup, teman-teman bisa langsung menghubungi kontak Kebun Raya Balikpapan. Bisa juga dengan mengunjungi akun instagramnya di @kebunrayabalikpapanofficial.

KRB saya rekomendasikan untuk teman-teman kunjungi karena jadi tempat wisata yang multifungsi.

Akhir kata, selamat Hari Jadi Kota Balikpapan ke-124. Mari dukung Balikpapan Berkelanjutan. Kita lestarikan alam bersama, kita pertahankan Balikpapan jadi kota bersih, indah, aman, dan nyaman.








Post a Comment

Gimana pendapat kamu? Yuk sampaikan di kolom komentar!