Merayakan Hari Jadi Kota Balikpapan ke-124 di Musim Pandemi

Merayakan Hari Jadi Kota Balikpapan ke-124



Hari Jadi Kota Balikpapan ke-124


Tanggal 10 Februari 2021 merupakan Hari Jadi Kota Balikpapan ke-124. Berbeda dari tahun sebelumnya, perayaan hari jadi kota Balikpapan biasanya diselenggarakan dengan meriah. Banyak pentas seni, perlombaan, dan pawai budaya yang diselenggarakan hampir sepanjang tahun untuk menyemarakkan acara ulang tahun kota. Di musim pandemi ini, kegiatan perayaan hari jadi Kota Balikpapan ke-124 dilakukan dalam silent mode alias senyap namun tetap terasa getarannya. 

 

 

Hari Jadi Kota Balikpapan ke-124

 

Upacara peringatan hari jadi dilakukan di gedung BSSC Dome dengan tamu kurang dari 100 peserta. Selebihnya tamu undangan menghadiri upacara secara virtual. Kendati demikian, prosesi upacara tetap dilakukan dengan hikmat sebagai bentuk penghargaan terhadap kota tercinta. 

 

Selain penyelenggaraan upacara, ada beberapa perlombaan yang diadakan pemerintah Kota Balikpapan. Pemerintah kota melalui Dinas Pemuda, Olahraga, Dan Pariwisata beserta badan ekonomi kreatif (Ekraf Balikpapan) menyelenggarakan perlombaan antara lain: lomba membuat aplikasi, gim, dan blog. Selain itu ada juga lomba membuat foto dan desain poster yang bisa diikuti oleh seluruh warga Balikpapan. Tentu saja hadiah lomba ini bernilai jutaan rupiah. 

 

Nah, dalam kesempatan kali ini Saya tentu saja ingin ikut ambil bagian dalam menyemarakkan Hari Jadi Kota Balikpapan ke-124 dengan mengikuti lomba menulis blog.

 

 

Workshop Lomba Membuat Aplikasi, Gim, dan Blog


Panitia lomba mengadakan workshop untuk pembekalan peserta lomba membuat aplikasi, gim, dan blog pada hari Minggu, 14 Maret 2021. Workshop diselenggarakan di Balikpapan Creative Center di Gedung Parkir Klandasan. Lokasi tempatnya tepat di sebelah Taman Bekapai Balikpapan. 

 

Saat Pak Bambang Herlandi selaku Ketua Komunitas Balikpapan Blogger mengabarkan tentang adanya workshop ini, Saya langsung mendaftar sebagai peserta workshop. Agak khawatir juga keluar rumah dan berkumpul dengan banyak orang, mengingat keadaan dunia masih dalam pandemi seperti ini. Tapi akhirnya Saya memberanikan diri untuk  bisa hadir. 

 

Minggu pagi itu, setelah mengantarkan beberapa pesanan katering pelanggan Dapur Ceria Catering Balikpapan (Ini ceritanya saya juga berprofesi sebagai owner bisnis kuliner), Saya dengan mengendarai sepeda motor biru-hitam melaju di jalanan mulus Kota Balikpapan dengan hati riang gembira. Bagaimana tidak? Dalam acara seminar kali ini teman-teman blogger yang lain juga turut hadir. Pertemuan kali ini akan jadi sebuah ajang silaturahmi bagi kami untuk bisa berkumpul setelah beberapa waktu lamanya work from home

 

Jumlah workshop ini terbatas dan memberlakukan protokol kesehatan dengan ketat. Sebelum memasuki gedung, kami harus mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir di tempat yang sudah disediakan. Setelah itu setiap hadirin wajib melewati pengecekan suhu badan. Tak lupa juga, selama acara peserta wajib menggunakan masker dengan baik dan benar. Tempat duduk peserta yang jumlahnya kurang lebih 30 orang juga disusun berjarak satu sama lain demi menghindari kontak fisik. 




Suasana Ruangan Workshop
Suasana ruangan workshop ditata sesuai protokol kesehatan


 

Acara dimulai dengan doa bersama, kemudian menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Seluruh peserta menyanyi dengan suara merdu. Terasa seperti karaoke bareng walaupun yang dinyanyikan adalah lagu kebangsaan. Hal ini sudah cukup membuat perasaan bahagia saya ikut berkembang. 

 

Kemudian dilanjutkan dengan beberapa sambutan. Pembukaan seminar sekaligus pembukaan lomba diresmikan oleh Ibu Dra. Doortje Sorta Susani Marpaung,M.M. selaku kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Dan Pariwisata Kota Balikpapan. Dengan semangat, beliau menghimbau agar semua bisa tetap menjalankan protokol kesehatan, serta selalu mendukung berjalannya ekonomi kreatif di Balikpapan dengan memanfaatkan fasilitas yang ada. 


Sambutan Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Dan Pariwisata Kota Balikpapan
Sambutan Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Dan Pariwisata Kota Balikpapan, Ibu Doortje Marpaung


 

 

Materi SEO (Search Engine Optimization) dalam Workshop


Selanjutnya, materi tentang SEO (Search Engine Optimization) dibawakan oleh Bapak Bambang Herlandi.  

 

Saya pribadi mengikuti seminar ini selain untuk ajang silaturahmi, juga ingin mendapatkan ilmu tentang SEO. Karena SEO penting untuk membuat artikel blog muncul di halaman pertama mesin pencari seperti Google. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah pengunjung website atau blog kita. 


Bapak Bambang Herlandi Menyampaikan Materi Tentang SEO
Penyampaian materi SEO oleh Bapak Bambang Herlandi


 

Pembahasan awal tidak langsung tentang SEO. Bapak Bambang Herlandi menjelaskan tentang definisi blog dan website, perbandingan platform untuk membuat blog, dan cara dasar membuat blog. Selanjutnya baru menuju materi inti tentang SEO.  Materi ini sangat seru karena mengupas tuntas bagaimana mengembangkan blog dengan baik. Pak Bambang juga menambahkan trik-trik khusus agar bisa mengoptimalkan SEO. 

 

Banyak ilmu dan hal-hal baru tentang blogging yang saya dapat dari seminar ini. Pembahasannya sangat seru hingga waktu tak terasa sudah hampir pukul dua belas siang. Terpaksa materi harus dipercepat karena durasi harus diakhiri karena akan dilanjutkan dengan seminar untuk lomba membuat aplikasi dan gim. 

 

Di akhir acara kami menyempatkan diri berfoto bersama untuk dokumentasi. Acara selesai dengan semangat yang membara pada diri setiap peserta untuk kemudian mengikuti lomba ini. 

 

Foto Bersama Komunitas Balikpapan Blogger seusai workshop
Foto Bersama Komunitas Balikpapan Blogger

Di Hari Jadi Kota Balikpapan ke-124 ini saya berharap Balikpapan segera lepas dari jerat virus covid-19, Balikpapan semakin maju dan semakin damai. Jujur, saya yang warga pendatang ini, tinggal di Balikpapan merupakan sebuah anugerah. Banyak hal yang saya  dapat dari kota minyak yang bersih, indah, aman, dan nyaman ini. Karena itu saya ingin turut berkontribusi dalam memajukan Kota Balikpapan, walaupun hanya dengan langkah sederhana seperti membuat artikel blog tentang Kota Balikpapan. 

 

Nah, teman-teman khususnya warga Balikpapan, yuk ikutan lomba blog yang diadakan pemerintah Kota Balikpapan untuk memeriahkan Hari Jadi Kota Balikpapan ke-124 tahun 2021. Dengan mengikuti lomba ini, kita bisa ikut mendukung program pemerintah untuk memajukan kota Balikpapan dibidang digital. Selain itu, mengikuti berbagai macam kompetisi bisa mengasah kemampuan kita agar jadi lebih baik. Jangan sampai ketinggalan ya! 

 

 

Flyer Lomba Blog

 

 

 


 

 

 





Post a Comment

Gimana pendapat kamu? Yuk sampaikan di kolom komentar!